Mempelajari cara beternak ayam memang bukan suatu hal yang mudah. Apalagi cara beternak ayam petelur. Ada banyak hal yang harus dipelajari sebelum memulai usaha ternak ayam petelur. Karena berurusan dengan keberlangsungan makhluk hidup sekaligus mencari profit, maka tidak boleh sembarangan memulai usaha ini. Berikut adalah hal-hal yang harus dipelajari untuk usaha ayam petelur Anda:

1. Kandang

ayam ternak
kandang ayam

Untuk mempelajari usaha beternak ayam petelur, pertama-tama Anda harus merancang kandang yang digunakan. Perkiraan luas dan jumlah ayam yang akan ditampung sudah pasti menjadi landasan pembuatan kandang. Namun, ada hal lain yang harus dipikirkan. Seperti bagaimana Anda akan membersihkan kotoran, dan bagaimana telur yang akan dihasilkan. Kotoran ayam sendiri bisanya dibiarkan di bagian bawah yang terpisah dari kandang, karena lantai kandang cenderung berjarak sehingga kotoran bisa jatuh ke bagian yang terpisah tersebut. Selanjutnya kemiringan kandang. Kemiringan ini penting agar telur bisa diambil dengan aman. Jika kandang datar-datar saja, maka Anda harus masuk ke kandang untuk emngambil telur, dengan resiko diserang oleh para induk ayam.

2. Bibit

Bibit ayam petelur menjadi masalah yang harus dipelajari berikutnya. Ada banyak jenis ayam petelur yang bisa dijadikan ternak. Paling umum, Anda mengenal ayam petelur negeri, ayam petelur kampung, dan ayam petelur Arab. Masing-masing berbeda berdasarkan telur yang dihasilkan. Masing-masing ayam tersebut masih memiliki sub-jenis lagi, dan semuanya memiliki ciri dan kebutuhan yang mungkin sedikit berbeda. jadi pastikan pelajari cara beternak ayam petelur terutama mengenai jenis-jenis ayam yang akan digunakan secara detail.

3. Perawatan

Perawatan untuk ayam petelur berbeda dengan ayam hias atau ayam pedaging. Pemberian pakan harus memperhatikan nutrisi tidak hanya bagi ayam, tapi juga untuk hasil telur. Pemberian minum, pembersihan kotoran, vaksinasi, dan berbagai macam tetek bengek lain yang jika dibahas satu persatu tidak akan ada habisnya.

Berbagai penelitian juga terus dilakukan, sehingga bukannya tidak mungkin cara beternak ayam petelur juga akan berubah seiring perkembangan zaman. Banyak-banyaklah mempelajari cara beternak ayam jenis ini supaya hasil usaha Anda memuaskan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *