Surat lamaran kerja merupakan jenis surat yang paling sering digunakan oleh masyarakat, karena berawal dari pengiriman surat inilah masa depan seseorang akan dimulai. Banyak orang yang menggantungkan nasib pada perusahaan karena merasa hal tersebut adalah cara yang paling aman untuk mempertahankan hidup, meskipun tidak bisa dipungkiri juga dengan bekerja pada sebuah perusahaan atau instansi akan membuat kreatifitas seseorang menjadi terbatasi, disamping itu bekerja di sebuah kantor atau perusahaan bukan tanpa kesulitan.

Persaingan antar pekerja biasanya menjadi satu hal yang paling sering terjadi, karena memang setiap perusahaan akan selalu mempertahankan karyawan yang jujur dan berprestasi, sehingga sebenarnya meskipun seseorang memutuskan untuk bekerja pada perusahaan bukan berarti mereka berhenti dalam berkompetisi dan juga bukan berarti mereka lepas dari segala risiko.

Untuk bisa mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan keinginan salah satu kunci suksesnya adalah dengan mengajukan surat lamaran yang benar dan baik, surat lamaran yang dikenal pula dengan istilah Cover Letter ini menjadi surat paling ampuh bagi setiap orang, dengan mengajukan surat lamaran maka diharapkan perusahaan bisa mengenal calon karyawan dengan baik, sehingga kerapian dan juga susunan surat lamaran kerja yang menarik turut mempengaruhi diterima atau tidaknya seseorang dalam melamar pekerjaan.

Menulis surat lamaran pekerjaan tidak hanya harus dengan memperhatikan kaidah ejaan yang benar, susunan yang rapi dan juga kata-kata yang formal saja melainkan juga harus dibuat dengan kejujuran. Membuat perusahaan terkesan dengan diri anda adalah satu hal yang wajib dilakukan, namun bukan berarti hal tersebut bisa dilakukan dengan melakukan kebohongan sebab dikemudian hari hal tersebut justru akan menjadi bumerang bagi diri anda sendiri.

Membuat membuat sebuah contoh surat lamaran kerja yang informatif adalah sebuah tantangan yang harus anda taklukkan, apalagi surat formal tidakĀ  boleh terkesan bertele-tele, sehingga dalam satu lembar surat tersebut anda harus bisa menjawab setiap pertanyaan yang ingin diketahui oleh perusahaan, yaitu konsep 5W dan 1H atau what, who, why, where, when dan how.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *