Memutuskan untuk menikah memiliki banyak pertimbangan. Yang memiliki banyak pertimbangan biasanya dari seorang pria. Seorang pria yang sudah berumah tangga memiliki tanggung jawab yang sangat besar. Tanggung jawab tersebut akan di mintai oleh tuhan dan orang tua tentunya. Pertimbangan yang paling besar adalah soal masalah menafkahi. Semakin tingginya harga ekonomi membuat seseorang berpikir yang sangat panjang ketika memutuskan untuk menikah. Apalagi sebelum menikah harus ada yang namanya tunangan. Menggelar pesta pernikahan akan menjadi beban jika pria tersebut tidak memiliki biaya. Banyak yang harus dipersiapkan seperti cincin tunangan dan pesta pernikahan. Jika jarak yang ditempuh saat jauh pastinya akan mengeluarkan biaya yang lumayan mahal. Maka, banyak yang memilih untuk menunda pernikahan terlebih dahulu.

Pernikahan memang merupakan suatu ibadah akan tetapi jika belum cukup mapan akan menyulitkan pastinya. Daripada akan berujung perceraian lebih baik menunda untuk menikah. Apalagi Anda merupakan tulang pungung keluarga, maka akan berat pastinya untuk meninggalkan mereka.Sebagian besar orang ingin mengabdi terlebih dahulu sama keluarganya baru ingin menikah. Selain biaya yang harus dipersiapkan, Anda sebagai calon pengantin harus melakukan beberapa hal berikut ini. Hal ini harus kamu lalui agar pernikahanmu berjalan dengan lancar. Apa saja hal tersebut ? Yuk simak apa saja !

1. Melupakan masa lalu yang telah menyakitimu

Jika kamu masih mengingat masa lalu dan selalu terpikir tentang hal tersebut berarti kamu belum siap untuk menuju pernikahan. Kamu harus melupakan masa lalu yang sangat pahit buatmu. Ingatlah bahwa masa lalu yang selalu menjadi beban akan terus menerus menyiksamu. Seharusnya proses ini sudah terlewati jika kamu sudah berpacaran dengan seseorang karena menurutmu seseorang tersebut sudah bisa melupakan masa lalumu.

2. Meyakinkan diri untuk siap dalam berkeluarga

Meyakinkan diri untuk siap dalam berkeluarga adalah hal yang harus dilakukan dan memang sangat sulit karena keraguan bisa datang kapan saja. Jangan hanya sekedar berbicara ingin berumah tangga tetapi secara mental kamu belum siap. Jika kamu masih ingin merasa bebas dalam pergaulan lebih baik diurungkan saja niat untuk serius. Jika kamu sudah berkeluarga banyak yang harus dipikirkan. Jika kamu hanya sibuk dengan urusan bisnis, pergaulan akan tetapi melupakan keluarga. Hal ini tidak baik dalam hal urusan rumah tangga. Jika kamu ingin berumah tangga hal yang harus kamu pahami bahwa keluarga merupakan nomor satu.

3. Rencana masa depan 

Seorang pria harus mempunyai rencana yang sangat matang jika ingin berkeluarga. Jangan hanya memikirkan untuk diri, akan tetapi kamu harus memikirkan semua keperluan keluarga kecilmu nanti. Dalam hal ini kamu harus merencanakan bagaimana masa depan istri dan anak nantinya. Misalnya kamu sudah mempunyai tabungan, memiliki perkerjaan yang terbilang sukses dan memiliki bisnis untuk menambah penghasilan.

4. Telah membuat orang tua bahagia 

Salah satu keinginan orang tua adalah melihat anaknya sukses baik itu dari hal pendidikan maupun yang lainnya. Melihat anaknya sukses merupakan suatu kebanggan buat orang tua karena mereka akan berpikir bahwa anak yang selama ini mereka didik menjadi orang yak sukses. Jika kamu sudah sukses jangan lupa untuk membalas semua kebaikan yang mereka kasih selama ini. Penuhi keinginan orang tua yang selama ini mereka inginkan. Misalnya biayai mereka untuk berangkat umroh atau berhaji. Hal ini setidaknya bisa membuat mereka terharu. Doa kedua orang tualah yang bisa membuatmu sukses.

Jika memang belum yakin untuk menuju pernikahan lebih baik dipikirkan lagi secara matang. Jangan sampai sudah memesan cincin dengan model cincin kawin yang dinginkan tetapi pernikahan yang akan dilakukan menjadi batal. Tidak hanya akan rugi dari uang biaya akan tetapi akan rugi dalam hal tenaga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *